Selasa, 02 November 2010

COMFORT ZONE

Sebagai pehobi fotografi tentu ada kalanya kita menjalani sebuah 'perjuangan' demi mendapatkan gambar bagus. Perjuangan yang dimaksud adalah sebuah proses dalam rangka menuju suatu lokasi tertentu guna mengabadikan sebuah kejadian. Ini biasanya dialami oleh para fotografer outdoor.
Pada saat itulah kita dipaksa untuk berada pada kondisi dan saat yang mungkin tidak nyaman, kelaur dari sebuah keadaan yang biasa disebut sebagai Comfort Zone atau zona nyaman.
Zona nyaman sendiri adalah waktu dimana kita merasa enak, nyaman diddalamnya. Contoh zona nyaman : pukul 12 malam-4 dinihari.di waktu itu,kebanyakan manusia memang nyaman dengan tidur nyenyaknya.Zona nyaman juga mencakup soal lokasi, yaitu kita juga harus kelur dari lokasi yang nyaman alias umum, kita harus observasi lokasi yang paling bagus dan paling berbeda dari umumnya.
Kita sebagai fotografer outdoor, terutama lansekap, jika ingin mendapatkan hasil foto yang 'wow', mau tidak mau harus menyiksa diri keluar dari zona nyaman tersebut. Kita harus rela berdingin dingin di puncak gunung terpencil sambil menahan kantuk demi sebuah gambar matahari terbit seindah mungkin.
Namun semua pengorbanan dan kesabaran itu ada imbalannya : foto foto kita akan lebih 'wow', berbeda dari kebanyakan fotografer. Jadi, jangan segan untuk kelar dari zona nyaman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar