Rabu, 03 November 2010

Canon Membuat Sensor 120MP

Canon mengabarkan telah mengembangkan sensor CMOS dengan resolusi tertiggi didunia, sensor dengan format APS-H ini ukurannya 120MP, resolusi 13.280 x 9.184 pixel. Ini membuat jarak antar pixel hanya sekitar 2,2 micron, dan secara teori menghasilkan resolusi 228 lp/mm.
Tapi, sebelum anda berangan angan terlalu jauh dengan sensor ini dan berharap segera muncul di bodi kamera DSLR, mari coba ingat kembali pada tahun 2007 dimana waktu itu Canon juga mengumumkan pengembangan sensor dengan jenis sama pada 50MP namun hingga 3 tahun kemudian, 1DMkIV masih hanya bersensor 16MP. kemana sensor 50MP itu?
Dicurigai bahwa Canon kesulitan mengatasi noise yang muncul akibat penggunaan pixel yang sangat kecil. Atau juga ini hanya sekedar taktik dagang Canon ditengah merosotnya popularitas kamera DSLRnya yang terus digasak oleh Nikon.
Pertanyaan berikutnya adalah, mengapa hanya APS-H? kok enggak APS-C yang mana lebih laris digunakan di seri XXD ? ( sensor APS-H hanya digunakan pada seri 1D )
Penampilan sensor 120Mp ini juga diragukan akan segera  muncul secepatnya di tengah pasaran. Namun sensor ini memang menjanjikan seklai, terutama kemampuannya merekam detail tentu akan sangat luar biasa, dan menguntungkan bagi penggunaan digital zoom, dan editor berita bisa lebih leluasa melakukan cropping gambartanpa kuatir kehilangan detailnya. Tentu saja ukuran file juga kan membengkak, pada rekaman JPEG ukurannya diperkirakan akan sekitar 60MB, dan RAW apda 250MB. NAmun ini juga akan membuat tuntutan lebih pada kualitas lensa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar