Minggu, 31 Oktober 2010

SPEED EFFECT

Pernahkah anda melihat sebuah foto tentang benda bergerak -biasanya kendaraan- yang terlihat sangat laju, dengan latar belakang terliat blur menggaris? Tentu anda akan sangat terkesan, teruatama pada kesan kecepatan yang terlihat. Hmm...bagaimana ya membuat foto seperti itu? mungkin kemudian timbul pertanyaan dalam diri anda.
Itulah yang dinamakan Speed Effect, yang dalam istilah umum fotografi disebut Panning. Panning adalah memotret benda yang bergerak dengan cara mengikuti arah laju benda yang dipotret dengan kecepatan rendah guna menciptakan kesan motion blur pada latar belakang. teknik ini simpel saja, hanya dengan menggunakan bukaan diafragma kecil dan shutter speed rendah.
Namun yang menjadi tidak mudah adalah pelaksanaannya. Memotret obyek bergerak dengan cara panning berarti anda harus mensinkronkan kecepatan gerak anda dengan kecepatan obyek sasaran anda.Jika anda lebih cepat atau lebih lambat dari obyek, dijamin gambar anada kabur semua termasuk obyeknya. Sulit kan? diperlukan latihan yang rajin untuk mengasah ketrampilan ini dan anda harus rela memboroskan bidikan sebab tak ada cara lain untuk mencapai hasil yang bagus.
Lokasi juga ikut menentukan, usahakan anda berada pada posisi yang leluasa sudut pandangnya agar bisa melakukan panning sebebas mungkin. Latar belakang obyek semakin ramai semakin bagus, sebab akan membuat efek motion blurnya akan semakin kuat.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar